Perkembangan Jurnalistik Terbaru
1. Media cetak
Perusahaan media cetak harus dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Seperti dengan mengeluarkan inovasi baru, yaitu majalah yang menarik minat pembaca, seperti majalah fashion ataupun novel yang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak umum.
2. Media elektronik
Melalui media elektronik ini, masyarakat lebih banyak mendapatkan informasi. Maka agar media elektronik ini dapat mengikuti perkembangan zaman, diperlukan beberapa ide baru, seperti acara televisi yang menarik dan sedang booming di kalangan masyarakat, siaran musik yang sedang hits di masa sekarang dan siaran berita mengenai kondisi pada saat ini.
3. Media online
Media online di masa sekarang sangat mempunyai peluang besar dalam menyebarkan informasi. Mengapa demikian? Karena semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula masyarakat yang lebih tertarik mencari informasi melalui media online ini. Seperti contohnya, membaca blog, menyaksikan youtube, mencari informasi melalui sosial media (facebook, twitter, instagram).
Karakteristik Jurnalistik Terbaru
Karakteristik Jurnalistik menurut James C.Foust, Online Journalism: Principle and Practices of News for The Web [2005] (Dalam Romli ; 2013), yaitu sebagai berikut.
- Unlimited Space. Terdapat rentetan informasi tanpa batas. Karena tidak adanya batasan ruang artikel dan berita dapat dibuat sepanjang dan sedetail mungkin, tanpa adanya batasan.
- Audience Control. Memungkinkan khalayak untuk (reader, user, visitor) bisa dengan lebih leluasa memilih berita/informasi.
- Nonlienarity. Setiap berita berdiri sendiri sehingga kalayak atau pembaca tidak perlu membaca secara berurutan.
- Storage and retrieval. Memungkinkan khalayak atau pembaca untuk dapat mengakses berita kapanpun dan dimanapun karena berita telah terarsipkan.
- Immediacy. Terdapat kemampuan untuk menyampaikan berita atau informasi dengan cepat dan langsung.
- Multimedia Capability. Terdapat banyak variasi dalam hal penyajian berita dapat dalam bentuk sajian berita atau informasi berupa teks, suara, gambar, video, dan komponen lainnya sekaligus.
- Interactivity. Adanya kemampuan untuk terjadinya interaksi langsung antara redaksi (wartawan) dengan audiens, seperti melalui kolom komentar dan social media sharing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar